MAIN MENU

Tentang Kami

KANTOR BKSDA SUMSEL

Jl. Kol. H. Burlian  Km 6 No.79

Palembang, Sumatra Selatan

Phone : ( 0711) 410948

Fax : ( 0711) 411578

Email :bksdasumsel@yahoo.co.id

WEB : www.bksdasumsel.com

KAMI SIAP MEMBANTU ANDA

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini440
mod_vvisit_counterBulan Ini100001
mod_vvisit_counterKeseluruhan3216437
You are here:   Home KEGIATAN MENGENAL DAOPS MANGGALA AGNI SUMATERA SELATAN

MENGENAL DAOPS MANGGALA AGNI SUMATERA SELATAN

Friday, 27 July 2012 14:16
Print PDF

Balai Konservasi Sumberdaya Alam (Balai KSDA) Sumatera Selatan sebagai Unit Pelaksana Teknis di daerah bertanggung jawab terhadap upaya pengendalian kebakaran hutan di Sumatera Selatan. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal PHKA Nomor SK.113/IV-PKH/2005 tanggal 11 November 2005 tentang Pembentukan Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan di Provinsi Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan maka di Balai KSDA Sumatera Selatan secara resmi terbentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan yang menyelenggarakan kegiatan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatera Selatan.

Balai KSDA Sumatera Selatan memiliki 8 kawasan konservasi yaitu 2 Kawasan Pelestarian Alam (KPA) yaitu TWA Punti Kayu dan TWA Bukit Serelo dan 6 Kawasan Suaka Alam (KSA) yaitu Suaka Margasatwa (SM) Bentayan, SM Dangku, SM Padang Sugihan, SM Gumai Pasemah, SM Isau-isau Pasemah, SM Gunung Raya. Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Balai KSDA Sumatera Selatan dibagi menjadi 4 wilayah kerja (Daerah Operasi = Daops) yang diprioritaskan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah kawasan konservasi tersebut, yang tersebar sebagai berikut :

 

1. Daerah Operasi I Musi Banyuasin (MUBA)

Melingkupi wilayah Kabupaten MUBA yang diprioritaskan untuk pengendalian bahaya kebakaran di Suaka Margasatwa (SM) Dangku. Kantor Daops I MUBA berkedudukan di Jalan Lintas Palembang Jambi KM 203 Bayung Lencir Kabupaten MUBA yang berjarak ± 203 km dari kota Palembang.

Karakteristik wilayahnya yaitu akses sangat terbuka dengan perusahaan swasta perkebunan sawit, HTI, dan masyarakat, serta sebagian wilayah kerja merupakan lahan gambut (±30%)

2. Daerah Operasi II Banyuasin

Melingkupi wilayah Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang yang diprioritaskan untuk pengendalian bahaya kebakaran di SM Bentayan serta TWA Punti Kayu. Kantor Daops II Banyuasin berkedudukan di Sekojo komplek perkantoran Pemerintah Daerah Banyuasin di Pangkalan Balai yang berjarak ± 45 km dari kota Palembang, merupakan kantor Daops yang terdekat dengan kantor Balai KSDA Sumatera Selatan.

Karakteristik wilayah Daops Banyuasin yaitu akses dengan instansi lain sangat terbuka. Letak kantor Daops yang strategis, memudahkan koordinasi dengan para pihak terkait lainnya. SM Bentayan, merupakan kawasan yang banyak mengalami gangguan, baik perambahan dan ilegal logging, sehingga menjadi permasalahan yang dominan di dalamnya. Hal itu menyebabkan kondisi SM Bentayan semakin rentan terbakar akibat banyaknya lahan terbuka dan ditumbuhi ilalang.

3. Daerah Operasi III Ogan Komering Ilir (OKI)

Melingkupi wilayah kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Induk, OKU Selatan, OKU Timur, OKI, dan Ogan Ilir (OI). Kantor Daops III OKI berkedudukan di jalan Sepucuk kota Kayu Agung yang berjarak ± 70 km dari kota Palembang. Tupoksi Daops III diprioritaskan untuk pengendalian bahaya kebakaran SM Padang Sugihan dan SM Gunung Raya. Wilayah kerja Daops III OKI mempunyai karakteristik wilayah berlahan gambut (90%) yang sangat rawan terhadap bahaya kebakaran pada musim kemarau, berdekatan dengan lokasi perkebunan swasta kelapa sawit dan HTI, dan terdapat kebiasaan masyarakat membuka lahan dengan cara ”sonor”. Pada tahun 2011, SM Padang Sugihan berada pada luasan pemadaman tertinggi yaitu sebesar 82,5 ha atau pada persentase 59,23% dari total luas pemadaman di dalam kawasan konservasi yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

4. Daerah Operasi IV Lahat

Melingkupi wilayah kabupaten Lahat, Muaraenim, Musi Rawas serta Kota Pagar Alam, Lubuk Linggau dan Prabumulih yang diprioritaskan untuk pengendalian bahaya kebakaran di SM Isau-isau Pasemah dan SM Gumai Pasemah, kantor Daops IV Lahat berkedudukan di desa Muara Maung kecamatan Merapi Barat kabupaten Lahat yang berjarak ± 223 km dari kota Palembang.

Wilayah kerja Daops IV Lahat mempunyai karakteristik wilayah kering dengan landskap bergunung sehingga apabila terjadi kebakaran akan mempersulit upaya pemadaman. Selain itu terdapat aktivitas masyarakat berupa kebun kopi.

Peta wilayah Provinsi Sumatera Selatan dan wilayah kerja Daops Manggala Agni Sumatera Selatan

Untuk mendukung optimalisasi kinerja Manggala Agni serta sebagai upaya pendekatan kepada masyarakat, maka dibentuklah Masyarakat Peduli Api (MPA). Masyarakat Peduli API (MPA) merupakan anggota masyarakat dari berbagai profesi yang mempunyai kepedulian terhadap kelestarian hutan dan pengendalian kebakaran hutan yang dengan sukarela menyatakan kesediaannya untuk berpartisipasi dalam upaya-upaya pengendalian kebakaran lahan dan hutan sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimilikinya.

Sampai dengan tahun 2011, jumlah regu MPA yang sudah dibentuk oleh Manggala Agni Balai KSDA Sumatera Selatan adalah 38 regu MPA (570 orang) yang tersebar di 4 Daops. Sebagian regu MPA telah dilatih kemampuan dalam bidang pengendalian kebakaran hutan dan mempunyai dukungan sarana prasarana pengendalian kebakaran hutan.

oleh : Julita Pitria, S.Hut.

Calon Penyuluh Kehutanan Ahli


 

KAWASAN

Event Calendar

<<  November 2014  >>
 Mo  Tu  We  Th  Fr  Sa  Su 
       1  2
  3  4  5  6  7  8  9
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Who's Online

We have 155 guests online